VISI ANIES BASWEDAN DALAM KONTEKS BUMN !

VISI ANIES BASWEDAN DALAM KONTEKS BUMN !

             

Oleh : Ahmad Daryoko 

Koordinator INVEST.


Beberapa waktu yang lalu beredar rekaman Capres Anies Baswedan yang bicara didepan Dekopin dalam konteks BUMN. 


Dalam statement nya Anies mengatakan bahwa fungsi BUMN itu bukan untuk mencari untung. Tetapi untuk mewujudkan kemanfaatan bagi rakyat dalam mewujudkan kesejahteraan sebagaimana digariskan dalam Pembukaan UUD 1945, sekaligus implementasi Sila ke lima dari Panca Sila. 


Dengan demikian Visi Capres Anies Baswedan dalam pengelolaan BUMN (terutama BUMN Strategis) adalah "Benifit Oriented" bukan "Profit Oriented". Sehingga parameter  KPI ("Key Performance Index") nya  adalah "Benifit Cost Ratio" ! Bukan Untung/Rugi ! 


Kalau Visi BUMN  Anies conform seperti ini, maka khusus pengelolaan PLN akan sama dengan yang dilakukan para pendiri Republik ini seperti MR. Kasman Singodimejo yang saat itu bersama para pekerja listrik berhasil menguasai NV Ogem, Aniem, Gebeo, Ebalom, Nigmn dll yg kemudian dilaporkan ke Bung Karno dan Bung Hatta untuk di Nasionalisasi menjadi Jawatan Gas dan Listrik Negara pada 27 Oktober 1945.


Dan sebenarnya yang diharapkan dari seorang Presiden dalam memimpin sebuah bangsa itu, yang utama adalah Visi dan Ideologi seperti ini, bukan bagi bagi amplop dan semacamnya yang hanya merupakan  langkah2 pragmatis/instan yang tidak berdampak secara keseluruhan terhadap kehidupan rakyat, kecuali hanya langkah "pencitraan" saja, mengingat yang diutamakan adalah kekuatan pers untuk menyiarkan kegiatan sang Presiden yang sedang bagi bagi amplop dan semacamnya ! 


Sikap Ideologis Anies ini menjadi modal utama  dalam memajukan bangsa dan Negara yg dari dulu masih tetap berstatus  sebagai Negara berkembang ini. Namun sikap seperti ini perlu dibarengi dengan sikap/semangat independent dan harus mengurangi semangat "dikit2"  berhutang ke Luar Negeri serta semangat bergantung kepada Investor !


KESIMPULAN : 


Kalangan keluarga besar BUMN perlu dukung Capres yang memiliki tekad , "political will" , serta Ideologi "Etatisme" semacam ini ! Guna memajukan Bangsa dan Negara tercinta !!


ALLOHUAKBAR !!

MERDEKA !!


MAGELANG, 28 DESEMBER 2022.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال