Saksikan Bupati Road Race Championship 2023, Bupati Lumajang Ingin Bangun Sirkuit Motor Berharapan Lahirkan Pembalap Berprestasi

Saksikan Bupati Road Race Championship 2023, Bupati Lumajang Ingin Bangun Sirkuit Motor Berharapan Lahirkan Pembalap Berprestasi

 


Lumajang (KASTV) -  Ajang Bupati Road Race Championship 2023 di Sirkuit Embong Kembar, Kelurahan Tompokersan Kecamatan Lumajang, menjadi tontonan menarik masyarakat khususnya di Kabupaten Lumajang.


Tidak terkecuali bagi Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang juga berkesempatan melepas secara langsung para peserta balap motor yang ditandai dengan bendera start.


Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq menyaksikan langsung aksi-aksi seru para pembalap, Minggu (12/2/2023). Turut hadir Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson S dan Dandim 0821 Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra, Agus Setiawan Ketua MPC Pemuda Pancasila Lumajang juga sebagai Ketua Kadin Lumajang. 


Para pembalap yang turun pada ajang itu tidak hanya dari lokal Lumajang saja, melainkan juga datang dari luar kota hingga luar pulau. Mereka beradu kecepatan dan keterampilan dalam memacu kuda besi untuk menjadi pemenang.


Pada kesempatan tersebut, Cak Thoriq menyampaikan, Pemkab Lumajang memiliki rencana untuk membangun sirkuit balap sendiri, rencananya sirkuit itu berada di kawasan Air Weapon Range (AWR) Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh.


"Pemkab merencanakan ada sirkuit yang dibangun di AWR. Di sana sudah ada tribun. Sudah minta izin ke Lanud (Landasan Udara) Abdurrachman Saleh Malang. Sudah diperkenankan, tinggal bangun lintasannya," ujarnya.


Rencana pembangunan sirkuit di kawasan AWR dinilainya lebih aman, sebab jauh dari rumah maupun keramaian jalan raya. Namun, komitmen tersebut tidak bisa langsung ditangani karena memerlukan waktu yang cukup untuk proses perencanaan hingga penyelesaian pembangunan.


Karena itu, Cak Thoriq berharap sirkuit tersebut nantinya bisa melahirkan banyak atlet atau pembalap berprestasi, sehingga bisa mengharumkan nama Lumajang di masa mendatang.


Mengenai tempat latihan, Cak Thoriq juga akan berkoordinasi lebih lanjut dan pastinya sejumlah langkah strategis segera ditindaklanjuti. Salah satunya melihat Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) Kedungjajang sebagai pilihan awal tempat latihan.


"Informasinya ada tiang di arena itu. Kami akan lihat, jika bisa dipindah dan bisa digunakan latihan, akan dipindahkan," tambahnya.


Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson S mengapresiasi terkait rencana pembangunan sirkuit di Kabupaten Lumajang. Dirinya berharap hal itu bisa segera dieksekusi, sehingga ada sirkuit representatif untuk menyalurkan hobi dan talenta di balap motor.


"Kuda besi (motor) tunggangan kalian jadikan ajang prestasi. Jangan jadikan ajang kompetisi ilegal berupa balapan liar di trek yang tidak ditentukan keamanan dan keselamatannya. Kami siap memfasilitasi agar mengendarai dengan baik, berprestasi dan jadi pelopor keselamatan berlalu lintas," pesannya. 

(Diana)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال