Anggota DPR RI Rico Sia berikan Dana Bantuan Usaha 40jt untuk 4 Kelompok Diklat BDI di Raja Ampat

Anggota DPR RI Rico Sia berikan Dana Bantuan Usaha 40jt untuk 4 Kelompok Diklat BDI di Raja Ampat


Waisai (KASTV) – Dalam kegiatan masa reses III tahun 2023, Anggota DPR RI melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa titik di Papua Barat Daya,salah satunya adalah tempat Pariwisata Raja Ampat.Jumat (24/2/2023)


Melihat potensi daerah yang begitu luar biasa,Rico Sia berkomitmen untuk mengembangkan kawasan pariwisata ini tidak hanya kaya akan alam tapi juga kaya akan keterampilan SDM nya. 


Berangkat dari hal itu Rico Sia tahun ini telah dan tengah menggelar kegiatan Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) 3 In  1 (Pelatihan,Sertifikasi dan Kompetensi) bagi para calon-calon wirausaha ataupun calon-calon penerima lapangan pekerjaan di Industri. 


Bekerja sama dengan BDI (Balai Diklat Industri) Makassar, Rico Sia membagi 10 angkatan untuk Papua Barat Daya ini, Angkatan I perdana telah di laksanakan di Kab. Sorong pada tanggal 11 - 17 Oktober 2022. Kemudian saat ini masih berlangsung Angkatan II di Kabupaten Sorong Selatan (22-28 Feb 2023). Angkatan III di Kota Sorong (Tanggal 23 Feb - 1 Maret 2023), dan Angkatan IV di Raja Ampat (Tanggal 23 Feb - 1 Maret 2023).


Dalam kunjungannya, Rico Sia membuka acara Diklat 3 In 1 di Gedung Serba Guna Gereja Alfa Omega,Waisai Raja Ampat. 
Dalam sambutannya Rico Sia mengatakan, meskipun Program Diklat ini adalah program 3 in 1 yang konsep sebenarnya adalah untuk penempatan kerja,namun Rico Sia berharap pada seluruh peserta pelatihan yang berjumlah 50 peserta tersebut bisa menjadi wirausaha baru, bisa menjadi pengusaha didaerahnya masing-masing sehingga bisa mandiri guna memajukan perekonomian daerah, mandiri guna memajukan bangsa dan negara. 

Melihat semangat peserta dalam mengikuti Pelatihan,Rico Sia mendengarkan aspirasi bahwa untuk memulai usaha dibutuhkan minimal dana 10jt untuk memulai,


Tak pikir panjang,Rico Sia sambil membuka acara BDI 3 IN 1 di Raja Ampat,langsung menjawab harapan tersebut dengan langsung memberikan bantuan dana untuk 4 kelompok peserta senilai 40 juta (masing-masing kelompok mendapatkan 10jt)


Mendengar keputusan yang luar biasa tersebut disambutlah Sorak Sorai dari Peserta,Panitia BDI serta Para Instruktur Diklat, bahkan terlihat banyak mata yang sambil berkaca-kaca melihat momen itu terjadi. 


Salah satu peserta mengatakan bahwa, Belum pernah sebelumnya Pejabat atau Anggota DPR RI lainnya yang memberikan perhatian sedetail ini kepada masyarakat secara langsung, yang ditransfer detik ini juga kepada penerima. 


Rico Sia pun memberikan tanggapan bahwa; “Pemberian ini dari Tuhan, saya hanyalah perantara, maka jika uang ini sampai di para peserta, bertanggung jawablah pada Tuhan,agar bagaimana barang ini jadi sesuatu yang bermanfaat” Ujar Rico. 


Melihat tanggapan tersebut para peserta semakin bersemangat mengikuti pelatihan yang akan digelar selama 7 hari tersebut.


Selanjutnya Rico Sia pun akan kembali membagi sisa 6 angkatan yang akan disebar ke berbagai daerah di Papua Barat Daya yang akan diselenggarakan disepanjang tahun 2023 ini.


(Rep/Der)
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال