Wabub Mengharapkan RAPI Dapat Berkontribusi Aktif Memberikan Informasi Yang Valit

Wabub Mengharapkan RAPI Dapat Berkontribusi Aktif Memberikan Informasi Yang Valit

Lumajang (KASTV) -Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) mengharapkan, agar organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dapat berkontribusi aktif dalam memberikan informasi tentang kebencanaan yang valid kepada masyarakat.


Menurutnya, organisasi sosial kemasyarakatan tersebut, memiliki potensi terhadap percepatan pertukaran informasi. Selain itu, dilansir melalui salah satu kode etik RAPI, para anggota harus memiliki jiwa, sikap cepat tanggap, peka dan peduli terhadap situasi lingkungan sosial.


"Selain cepat tanggap dan peduli, Anggota RAPI juga harus memiliki pengetahuan yang luas, dan harus memiliki data yang akurat. Sebab RAPI adalah pusat informasi," kata dia saat memberikan arahan dalam acara Penutupan Diklat Satgas RAPI Wilayah 1311 Kabupaten Lumajang, di Kawasan Relokasi Bumi Semeru Damai Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro, Minggu (12/02/2023).


Bunda Indah juga mengatakan, bahwa pemahaman masyarakat terhadap mitigasi bencana juga tak kalah penting. Sebab, hal tersebut dipandang perlu dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana, khususnya di wilayah-wilayah yang dinilai rawan.


"Paling penting dari antisipasi bencana itu adalah kesiapan masyarakat, maka tugas kita bersama, mempersiapkan masyarakat agar pemehaman mitigasinya bagus," ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Bunda Indah juga mengapresiasi partisipasi seluruh anggota RAPI yang selama ini telah semangat dan solid dalam memberikan informasi kepada masyarakat.


"Pemerintah menyampaikan terima kasih, atas semangat RAPI dalam memberikan informasi kepada masyarakat," terangnya.


Sementara itu, Ketua RAPI Wilayah 1311 Kabupaten Lumajang, Edi faisol mengungkapkan, bahwa total jumlah anggota RAPI di Kabupaten Lumajang tercatat sebanyak 300 orang. Hal ini, dinilai terus mengalami peiningkatan dari tahun ke tahun.


"Jadi Anggota kami sudah berjumlah 300 orang lebih," ungkapnya.


Diklat Satgas RAPI tersebut, diisi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang serta Stakeholder terkait. (Diana /kmf)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال