Cuaca Ekstrim, Masyarakat Way Kanan Waspada Banjir

Cuaca Ekstrim, Masyarakat Way Kanan Waspada Banjir


Way Kanan, Lampung (KASTV) - Tingginya curah hujan yang melanda beberapa wilayah di lampung mengakibatkan meluapnya air sungai way besai Kabupaten Way Kanan, situasi ini terpantau sejak rabu malam hingga kamis siang hujan masih saja turun dengan intensitas cukup tinggi, Kamis (9/3/2023)


Berkaitan kondisi dan cuaca ektrim ini Camat Negeri Agung Kabupaten Way Kanan Lampung bersama staf dan awak media mengadakan pengecekan secara langsung situasi terkini dari jembatan Way Besai Kampung Negeri Agung, Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan, Lampung.


Dalam wawancara dengan Media Kasuatitv, Hepi Haryanto,SE., menyampaikan harapan agar Tim BPBD siaga untuk sewaktu-waktu keadaan drurat dan dibutuhkan agar dapat segera turun ke lokasi, Ujar Camat.


"Saya berharap BPBD, Siaga, Antisipasi, Bantuan dan penyelamatan, sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat, kerena jika melihat sikon ini air semakin naik dan meluap," Papar Camat Negeri Agung


"Kami juga menghimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal seputaran dibantaran sungai way besai agar bersiaga, silakan berkemas amankan harta benda dan hewan ternak ketempat lebih tinggi, untuk mengantisipasi banjir meluap ke pemukiman atau rumah penduduk," Himbau Hepi.


Beredar informasi dari hulu sungai yakni dari Lampung Barat bahwa sungai way besai sejak pagi Kamis (9/3/2023) dikabarkan meluap akibat curah hujan yang cukup tinggi sepanjang 2 hari terakhir.  


Diinformasikan pula bahwa Kampung atau pemukiman penduduk yang rawan tedampak luapan banjir adalah, Kampung Negeri Agung, Kampung Pulau Batu, Kampung Sunsang, Kampung Kota Baru, Kampung Kota Bumi, ini yang masuk wilayah Kecamatan Negeri Agung, sementara di daerah hilirnya adalah Kampung Tanjung Ratu, Pakuon, Gunung warah dan kampung tiga Kecamatan Pakuon Ratu, jampung-kampung  ini adalah daerah rawan banjir.


Dapat diinformasikan juga bahwa fenomena serupa dari bantaran sungai way umpu yang terpantau dari jembatan penghubung Kecamatan Banjit dan Kasui, kondisi luapan air sungai way besai tampak sudah mulai merusah lahan perkebunan dan pertanian warga sekitar bantaran sungai.


Semoga luapan banjir ini tidak mengakibatkan hal-hal yang fatal, maka diharapkan sedini mungkin kepada masyarakat agar selalu waspada.

(Reporter : Renal/fn)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال