Delapan Kampung Distrik Seremuk di Tahun 2024 Prioritaskan Stanting dan Buta Aksara

Delapan Kampung Distrik Seremuk di Tahun 2024 Prioritaskan Stanting dan Buta Aksara

Teminabuan (KASTV) – Distrik Kosiwo Kabupaten Sorong Selatan melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah yang berlangsung di balai pertemuan Distrik Seremuk. Selasa (14/3/2023).


Musrembang Distrik tersebut diikuti oleh yaknik, Ketua Asistensi Bapenda Sorong Selatan, Distrik Seremuk Maria Kemesrar, S. Hut, Ketua Komisi C DPRD Sorong Selatan, Marten Saflesa, OPD-OPD Lingkup Pemda Sorong Selatan dan 8 kelapa-kepala kampung dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024. 


Kadistrik Seremuk Maria Kemesrar, S.Hut dalam pengantarnya menyampaikan bahwa dirinya berharap agar apa yang disampaikan adalah program prioritas yang diajukan dari kampung serta diteruskan lewat distrik. para kepala kampung juga di ingatkan bahwa Tahun 2023 juga belum mendapatkan kegiatan yang akan turun, sehingga belum ada petunjuk apa yang masuk dari 2022 lalu dan adapun apa yang disampaikan oleh tim asistensi Bappeda harus diikuti.


Sementara itu, Sambutan Bupati Sorong Selatan yang diwakili oleh Ketua Tim Asistensi Bapeda Flora Karet mengatakan bahwa pembangunan adalah proses perubahan yang dilakukan untuk mencapai kondisi ideal yang diharapkan dapat dipenuhi, oleh karena itu perlu perencanaan yang terarah, cermat dan terukur yang disusun dalam Musrenbang, kegiatan ini adalah wujud pembangunan partisipatif.


Dijelaskannya bahwa penyusunan RKPD 2024 mengacu kepada rencana pembangunan daerah 2023 – 2026, serta Rencana Pembangunan Jangka Panjang Pemerintah Daerah, Tahun 2005 – 2025. maka arah kebijakan pembangunan Kabupaten Sorong Selatan  Tahun 2024 yaitu, peningkatan harmonisasi sosial dan tata kelola pemerintahan untuk mendukung kondusifitas wilayah, kualitas perekonomian daerah dan penurunan angka stanting, butasara dan gisi buruk Tahun 2024.

"Itu artinya fokus kita tahun 2024 adalah mempersiapkan segala hal untuk pemilu 2024 yang aman, tertib, lancar dan demokratis, sehingga diperlukan situasi dan kondisi kehidupan bermasyarakat serta penyelenggaraan roda pemerintahan dan perekonomian yang tetap terjaga berjalan dengan baik di kabupaten kepulauan Yapen ” ujarnya


Para peserta musrembang Distrik Kosiwo diminta agar memberikan sumbangsi lewat pemikiran terbaik, dan berorientasi kepada tujuan musrembang, serta terkait dengan arah dan kebijakan pembangunan  kabupaten kepulauan Yapen tahun 2024 terutama mengarah kepada kemajuan distrik dan mengangkat  derajat hidup masyarakat salah satu nya adalah penanganan stunting,


Hadir juga anggota DPRD Kabupaten Kabupaten sorong selatan, Marten saflesa ketua komisi C yang membidangi pendidikan dan kesehatan yang dalam kapasitasnya mengatakan bahwa sebagai wakil rakyat, sudah menjadi tugas dan kewajibannya untuk mengawal aspirasi masyarakat melalui kegiatan musrembang distrik sampai di tingkat kabupaten. DPRD hadir untuk memberikan pemikiran bersama, yang akan menyusun seluruh rencana kerja pemerintah distrik, yang selanjutnya akan dikawal pula pada musrembang tingkat kabupaten.


"Saya berharap kepada semua OPD OPD agar menyampaikan hal ini kepada kepala-kepala dinas." tutupnya

(MS)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال