Gelaran Seni Budaya Tambrauw, Oleh Guru Kreatif SMP Negeri Bansu Bikar

Gelaran Seni Budaya Tambrauw, Oleh Guru Kreatif SMP Negeri Bansu Bikar

TAMBRAUW (KASTV) - Menjaga dan melestarikan budaya merupakan tanggung jawab besar, bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi tanggung jawab segenap elemen bangsa termasuk para Guru di satuan pendidikan masing masing.


Hal tersebut yang melatar belakangi salah satu guru SMP Negeri Bansu Bikar Ibu Erly Latuhenapessy Mayor S.Pd.K yang mewajibkan siswanya menampilkan pegelaran seni budaya asli tambrauw dalam ujian praktek kelas IX pada Rabu 15 Maret 2023 di gedung SMP Negeri Bansu Bikar Kabupaten Tambrauw. Gelaran seni dalam ujian ini melibatkan seluruh siswa kelas IX dan guru mata pelajaran.


Ibu Guru Erly begitu sapaan akrabnya mengatakan, gelaran seni budaya dalam ujian praktek ini untuk melestarikan dan mengenal lebih dekat pakaian adat dan memaknai seni tari dansa badek dan sarara yang sangat khas dari kabupaten Tambrauw.


"Gelaran seni tari dalam ujian praktek ini bertujuan agar siswa saya mampu memaknai seni tari dansa sarara yang khas dari Kabupaten Tambrauw dengan mengenali seni budayanya sendiri, saya berharap siswa saya yang asli anak bikar dapat lebih mencintai budayanya sendiri,"ujarnya


"Gelaran seni dalam ujian ini telah didukung sepenuhnya oleh kepala sekolah kami, siswa saya juga sangat berantusias melaksanakan ujian praktek ini," imbuh ibu Erly


Ibu Erly berharap, gelaran seni dalam ujian dapat terus dilaksanakan pada ujian ujian berikutnya agar seni budaya Tambrauw tidak punah, tetap dikenal dan dicintai dari generasi ke generasi.


"Saya berharap, ujian praktek seperti ini akan terus dilaksanakan agar budaya kita ini tidak punah tetap di kenal dan dicintai oleh anak Tambrauw sendiri atau bahkan kita dapat memperkenalkan ke seluruh Nusantara bahkan Dunia"tutupnya (NR)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال