KPP Pratama Sorong Sosialisasi Pajak Tahun 2023 Terhadap Pengguna APBD Raja Ampat

KPP Pratama Sorong Sosialisasi Pajak Tahun 2023 Terhadap Pengguna APBD Raja Ampat

     
Waisai,(KASTV)–Sosialisasi Pajak Tahun 2023,Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menghadirkan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sorong Sebagai pemateri.

Kegiatan sosialisasi pajak tahun 2023 di inisiasi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Raja Ampat bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sorong, mengelar sosialisasi pajak tahun 2023, yang berlangsung di Gedung Wanita Syalome Syeben,Kelurahan Kota Waisai,Raja Ampat Propinsi Papua Barat Daya, Rabu,16/3/2023).

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Raja Ampat melalui Kepala Bidang Perbendaharaan Mieskhelina Dimara,SE mengatakan kegiatan sosialiasi pajak tahun 2023 yang dilakukan BPKAD bekerjasama dengan KPP Pratama Sorong ini menghadirkan Kepala kampung  dan Bendahara,Serta Bendahara OPD,Kasubag Keuangan dilingkungan pemerintah kabupaten Raja Ampat.Agar lebih memahami lagi tentang potensi pajak dan manfaatnya bagi pemerintah.

   
Oleh karena itu BPKAD Raja Ampat Bekerjasama KPP Pratama Sorong,sebagai upaya dalam sosialisasi ini guna melihat dan mengamankan pajak yang ada di pemerintah kabupaten Raja ampat.Terlebih khusus kepada peserta sosialisasi agar lebih paham lagi manfaat pajak dan pembangunan.

Menurutnya saat ini pengguna APBD itu belum memahami manfaat pajak serta tujuannya untuk apa,kemudian dampak dari pajak itu sendiri terhadap bangunan seperti apa,”Ujarnya.

Sehingga BPKAD bekerjasama KPP Pratama sorong ini terutama menghadirkan kepala kampung,bendahara kampung dan OPD,Kasubag sebagai penguna APBD ini yang menjadi dasar sehingga BPKAD mengundang KPP Pratama sorong sebagai narasumber agar materi yang disosialisasikan.Terkait pajak,hal ini tentu sebagai upaya mendorong pentingnya pajak terutama kepada kepala kampung,kalau Bendahara OPD,Kasubag itu hampir 80 persen memahami kecuali pergantian bendahara baru perlu belajar lagi,"terangnya.

Jadi kegiatan sosialiasi ini seperti tahun lalu kami lakukan juga tapi kendala soal himbauan kepada kepala kampung dan bendahara terkait penyetoran pajak, sebab bendahara itu banyak yang belum mengerti tentang pajak,"ujar.Mieskhelina.

Sementara Imron rosyadi kepala seksi pengawasan Kpp pratama sorong,.Menjelaskan bahwa sosialiasi pajak tahun 2023 yang diselenggarakan BPKAD Raja ampat Bekerjasama KPP Pratama Sorong ini ingin memberi wawasan kepada bendahara,OPD dan Bendahara kampung tentang pentingnya pajak bagi pembangunan Raja ampat. 

Lebih lanjut Imron, menerangkan,terkait kendala yang harus di pahami bendahara yaitu wawasan menjalankan tugas sebagai  bendahara karena untuk dinas-dinas itu posisi bendahara itu paling sering berganti,sehingga proses alih informasi pengetahuan itu kadang-kadang kurang,sehingga bendahara yang baru kesulitan untuk melaksanakan kewajiban perpajakan di instansi masing-masing. 

Oleh karena itu kami diminta untuk memberikan sosialisasi setiap tahun,meskipun pergantian bemdahara masih bisa menutupi kekurangan informasi pengetahuan aturan teknis dalam perpajakan,"tutur imron.

Dia berharap melalui sosialisasi ini semua bendahara baik kampung maupun OPD bisa melaksanakan kewajiban perpajakannya sesuai dengan aturan yang ada,tidak ada lagi bendahara yang mengalami kesulitan saat menghitung atau membayar pajak,"Tutup,Imron


(Rep/der)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال