Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar Kelompok Tani Bahagia di Nabire

Panen Padi Nusantara 1 Juta Hektar Kelompok Tani Bahagia di Nabire


Nabire (KASTV) - Pemerintah Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah mendukung Kementrian Pertanian Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Gerakan Nasional panen padi 1 Juta Hektar dengan menggelar panen padi bersama kelompok Tani Bahagia Kampung Bumi Raya Distrik Nabire Bara, (10/3/2023)


Kegiatan panen padi 1 juta hektar ini, di hadiri Wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin, perwakilan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Papua Tengah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nabire, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Nabire, Para Kelompok Tani Bahagia Bumi Raya.


Kegiatan panen padi 1 juta hektar kelompok tani Bahagia diawali dengan doa, dan dilanjutkan dengan sambutan wakil Bupati Nabire Ismail Djamaluddin.


Dalam sambutanya Ia menyampaikan kepada kelompok Tani Bahagia kampung bumi raya distrik nabire barat agar selalu semangat dalam melakukan penanaman padi.


Wakil Bupati  juga mengucapkan banyak terimakasih kepada kelompok tani, yang akhirnya hari ini kita dapat melaksankan panen raya nusantara satu juta hektar.


"Padi yang kemudian menjadi beras merupakan kebutuhan pokok warga nabire selain sagu dan umbi – umbian maka pemerintah melalui dinas pertanian harus melakukan pengawasan dan pembinaan kepada masyarakat kelompok tani guna memastikan peningkatan produksi tani di setiap tahunnya serta menjaga kestabilan dan ketersediaan pangan pokok dalam masyarakat diwilayah  meepago yang mendiami 8 Kabupaten di Provinsi Papua Tengah, untuk kabupaten nabire sendiri kelompok tani bahagia menanam sekitar 350 Hektar di kampung Bumi raya distrik nabire barat.' jelasnya


“Saya berharap agar keberhasilan panen raya ini dapat ditularkan pada kelompok tani lainnya dengan begitu peningkatan angka produksi pada bidang pertanian dapat menunjukan peningkatan di setiap tahunnya dan berdampak kepada perekonomian masyarakat," harapnya


“Keberhasilan dalam panen raya ini harus kita jadikan motivasi mandiri pangan. Dimana para tani dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman yang dimiliki kepada para tani lainnya sehingga dengan semangat gotong royong, kabupaten nabire dapat tergolong menjadi kabupaten mandiri pangan yang dimulai dari kampung kali bumi nabire barat untuk nabire dan provinsi papua tengah. (FN)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال