Pimpinan dan Anggota DPRD Maybrat Ikut Bimtek Peningkatan Kapasitas

Pimpinan dan Anggota DPRD Maybrat Ikut Bimtek Peningkatan Kapasitas

Sorong (KASTV) - Penting untuk meningkatkan dan mempertajam pengetahuan, keterampilan pimpinan dan anggota dewan kabupaten Maybrat maka seluruh pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK)  Maybrat periode 2019-2024, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) dalam rangka peningkatan kapasitas yang berlangsung di Belagri Hotel ,kota Sorong, 15-16 Maret 2023. 


Turut hadir dalam Bintang tersebut yakni PJ Bupati Maybrat Bernhard E Rondonuwu, pimpinan dan anggota DPRK Maybrat ,kasi Intel kejaksaan negeri Sorong Putu Sastra Adiwijaksono, kepala seksi tindak pidana khusus


Khusnul Perwakilan dari kementerian dalam Negeri (Kemendagri)  dan bina keuangan daerah,sekretaris dewan Maybrat Ferdinandus Taa serta para kabaq dan staf yang berkenan hadir.


Ketua DPRD  Maybrat Ferdinando Solossa menjelaskan"Bimtek peningkatan kapasitas bagi pimpinan dan anggota DPRK Maybrat itu sebagai mana diatur dalam  Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 2010, DPRD memiliki fungsi:

1.Fungsi Legislasi yaitu, fungsi DPRD yang diwujudkan dalam kebijakan membentuk peraturan daerah;

2.Fungsi Anggaran yaitu, fungsi DPRD yang diwujudkan dalam kebijakan menyusun dan menetapkan APBD bersama-sama Pemerintah Daerah;

3.Fungsi Pengawasan yaitu, fungsi DPRD yang diwujudkan dalam bentuk pengawasan terhadap kinerja pemerintah daerah, terhadap pelaksanaan peraturan daerah maupun kegiatan pemerintah lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku"ungkap 


Dalam peningkatan kapasitas merupakan program Rutinitas DPR yang dilaksanakan setiap tahun guna mengapdet regulasi yang baru dalam rangka memperkuat pelaksanaan implementasi dari trifungsi DPR, Narasumber pada Bimtek ini diambil sesuai dengan kebutuhan sesuai dengan Alat kelengkapan Dewan seperti Banggar,ada badan musyawarah, badan kehormatan dan badan pembuatan peraturan daerah.


Dia mengajak, seluruh jajarannya memanfaatkan momen ini dengan baik.

"Materi kita ikuti materi yang diberikan narasumber karena sangat penting untuk meningkatkan dan mempertajam pengetahuan, keterampilan pimpinan dan anggota dewan dalam mendukung tugas dan fungsi sebagai representasi masyarakat Maybrat"ujar Solossa.


"Materi-materi yang disampaikan dari sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya. Seperti materi dari Aparat Penegakan Hukum, Kejaksaan Negeri Sorong dan PJ Bupati Maybrat materinya tentang pencegahan korupsi, kemudian Materi dari kementerian dalam Negeri Bina Keuangan Daerah tentang proses pencanangan anggaran di daerah, karena hal tersebut dapat singkrong dengan Alat kelengkapan Dewan (AKD)," ujarnya.


Hal ini perlu dilakukan agar singkronisasi antara anggota dewan selaku trifungsi dan juga di Forkompinda di dikabupaten Maybrat untuk menciptakan suasana yang maju, mandiri dan sejahtera sesuai dengan harapan kita bersama.


Ia berharap, Bimtek ini dapat memberikan sesuatu yang baru bagi seluruh anggota dewan.


"Semoga ini bisa memberikan ilmu tambahan, sehigga anggota DPRD lebih bermutu dan berbobot ke depannya. Karena, kita mewakili masyarakat." tegasnya


Bimtek diharapkan dapat membantu serta  bermanfaat bagi anggota dewan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagai wakil rakyat.


"Semoga ini bisa membantu untuk menyelesaikan semua tugas DPRK kabupaten Maybrat” tandasnya (Ones).

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال