Raker Yapis ditanah Papua tahun 2023 Secara Resmi ditutup,Wakil Ketua Dewan Pembina Yapis di Tanah Papua

Raker Yapis ditanah Papua tahun 2023 Secara Resmi ditutup,Wakil Ketua Dewan Pembina Yapis di Tanah Papua

Sorong (KASTV) – Rapat Kerja (Raker) Yapis di Tanah Papua tahun 2023 secara resmi ditutup.Acara penutupan oleh wakil ketua dewan pembina yapis di tanah papua Prof.Hasan Basri umar,Jumat (10/3/2023) sekira pukul 9.30 wit. Vega Hotel Kota Sorong Propinsi Papua Barat Daya.


Ketua Panitia Raker Yapis di Tanah Papua Dr.H.Entis Sutisna,SE.,MM, Syukur alhamdulillah malam ini kita telah menyelesaikan agenda raker yang berlangsung selama 3 hari (8-10 Maret 2023) yang Insya Allah malam ini akan ditutup secara resmi oleh Bp.Ketua Umum Yapis Pusat di Tanah Papua.



Untuk diketahui bahwa Pembahasan raker yang cukup dinamis dan penuh dengan ide-ide baru bagi pengembangan yapis kedepan di tanah papua Mudah-mudahan rekomendasi-rekomendasi yang dihasilkan dalam 3 aspek ( organisasi & keuangan, program & pengembangan, tata kelola perguruan tinggi )akan lebih meningkatkan peran serta yapis dalam meningkatkan kualitas SDM di tanah papua.Izinkan Saya selaku Ketua Panitia melaporkan hal-hal sebagai berikut:

1. Peserta Raker yang ditargetkan 100 orang, alhamdulillah yang hadir sebanyak 82 Orang dari Perwakilan Yapis Cabang, Pimpinan Perguruan Tinggi Yapis,dan Organ Yapis Di Tanah Papua Dewan Pembina,Badan Pengawas dan Badan Pengurus.Ada yang sudah siap terbang dari bandara, ternyata pesawat delay sampai 3 hari,akhirnya batal tiba di Kota Sorong ini dari Yapis Cabang Kabupaten Deyai.

2.Raker berjalan sesuai dengan raundown acara yang ditargetkan, walau terjadi beberapa jadwal tidak tepat waktu,namun terlalui dengan baik dan lancar.

3.Pemateri dari Prof.Dr.H.Mansyur Ramli,dari Yayasan Wakaf UMI Makassar, telah memberikan motivasi dan pencerahan untuk tetap istiqomah berjuang menuju Yapis yang maju dan professional dengan segala potensinya. Dengan Pesan warga Yapis harus Bersatu dan bersinergi,apalagi sampai memisahkan diri.

4.Pemateri dari Badan Pengawas, memberikan pemahaman yang sama tentang pentingnya Evaluasi dan Pengendalian Internal Yapis. Akan dibuat panduan tentang pelaporan Aset juga monitoring ke UPT-UPT di Wilayah Cabang.

5.UPZ Yapis sebagai satu-satunya Lembaga Zakat Yapis Di Tanah Papua yang berwenang mengelola potensi Zakat untuk kesejahteraan ummat sebagai bagian stakeholder Yapis dan dapat diterima oleh peserta untuk diberdayakan terhadap tugas dan fungsinya sebagai bagian dari kiprah Yapis dalam pengelolaan potensi Zakat, disarankan agar Yapis membentuk Lembaga ZISWAF secara mandiri.

6.Sidang Komisi dengan 3 Komisi berlangsung serius, dan lancar sehingga berhasil menetapkan keputusan tentang peraturan kelembagaan, keuangan, resntra dan program kerja Yapis Di Tanah Papua serta tata Kelola Perguruan Tinggi Yapis se tanah Papua. Meskipun didalam siding komisi terjadi perdebatan sengit namun pada akhirnya diperoleh kesepakatan, karena demi kemajuan Yapis, dan pada Sidang Pleno masih disepakati untuk melakukan perbaikan oleh Tim Yapis Pusat untuk segera diterbitkan Hasil Raker tersebut.

7.Ada beberapa Rekomendasi Penting yang ditujukan kepada Pengurus Pusat Yapis di Tanah Papua untuk menerbitkan peraturan/ keputusan terkait:

a) Tugas, Fungsi dan Wewenang Koordinator Wilayah (KORWIL) di setiap DOB.

b) Segera menerbitkan Peraturan Kepegawaian Yapis di Tanah Papua yang berlaku sama untuk Yapis Cabang dan UPT se Tanah Papua.

c) Dibuat Buku terkait kurikulum lokal/ ciri khas Yapis, seperti di Uniyap ada mata kuliah Etnografi dan Keyapisan yang diajarkan kepada semua mahasiswa.

d) Memaksimalkan Web Yapis Di Tanah Papua sebagai pemersatu/ media informasi dan digitalisasi bagi keluarga besar Yapis, termasuk pelaporan sebagai pemenuhan kewajiban Yapis Cabang dan UPT.

e) Dilakukan Program Pelatihan/ Workshop terkait pengelolaan Keuangan dan Pelaporan baik teknis dan keseragaman format-format pelaporan bagi Yapis Cabang dan UPT.

f) Diterbitkan Kalender Pendidikan YAPIS yang diberlakukan kepada Cabang dan UPT.

g) Rencana Pengembangan/ Pendirian Pendidikan Tinggi di Kabupaten Keerom dan Papua Barat Daya, dan Kabupaten atau DOB lainnya.

Dalam Raker ini sebagai ketua mengucapkan Terima kasih untuk dukungan  yang sangat luar biasa dari Pemprov Papua Barat Daya sehingga acara raker yapis 2023 terselenggara sesuai dengan harapan kita semua, baik dalam bentuk materil dan spririt dari malam ramah tamah, penginapan, konsumsi dan fasilitas lainnya, termasuk dengar-dengar beberapa peserta akan diajak menikmati indahnya Raja Ampat.Tanpa adanya dukungan penuh dari Bapak Penjabat Gubernur Papua Barat, rasanya suatu hal yang sulit kegiatan untuk berjalan lancar dan sukses Rapat Kerja Yapis Tahun ini.


Terima kasih juga kepada Delegasi Yapis Cabang, Pimpinan Perguruan Tinggi yang telah hadir dan serius mengikuti Raker ini. Terima kasih kepada Dewan Pembina, Badan Pengawas dan Badan Pengurus atas amanah ini dan kepada suluruh Panitia baik SC maupun OC, kerjakeras yang luar biasa. Semoga kita tetap kompak dan semangat selalu.

Tutup,Entis Sutisna.Atas nama panitia kami memohon maaf apabila terdapat hal-hal yang kurang berkenan selama penyelanggaraan raker yapis 2023 di Kota Sorong.Kepada seluruh peserta selamat kembali kedaerah masing-masing berkumpul bersama keluarga dan kembali bertugas agar untuk memperkuat visi dan misi Yapis di tanah Papua.

Prof.Hasan Basri umar,Dalam arahan dan pesan  singkatnya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pemerintah propinsi papua barat daya,yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan raker yapis di tanah papua tahun 2023.

Harap wakil ketua dewan pembina itu bahwa rekomendasi yang dihasilkan dalam acara raker hendaknya dapat dapat di implementasikan dengan baik oleh keluarga besar yapis dalam rangka lebih meningkatkan peran serta yapis ditanah papua.kemudian harapan  selanjutanya adalah bagaimana yapis mampu mengembangkan SDM di tanah papua sesuai dengan ciri khas yapis sendiri sehingga mampu memberikan kontribusi terbaik ditanah papua,tutupnya mengakhiri arahannya

Jalan-jalan ke kota Mekah
Banyak domba di dekat lembah
Semoga kerja kita mendapat berkah
Supaya hidup semakin indah

Kalau ada sumur di ladang
Airnya segar untuk mandi
Kalau ada umur yang panjang
Kita ketemu di Raker nanti


(rep/der)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال