Gamol Petra Pinta Pemkab Pesawaran Serius Dalam Pelestarian Adat Budaya Lampung Pesisir

Gamol Petra Pinta Pemkab Pesawaran Serius Dalam Pelestarian Adat Budaya Lampung Pesisir

Pesawaran, Lampung (KASTV) - Forum Komunitas Paguyuban GAMOL PETRA (Gabungan Aliansi Media, Ormas dan Lembaga Pesisir Teluk Ratai) meminta perhatian serius pemerintah kabupaten (Pemkab) Pesawaran, dalam pelestarian adat budaya lampung terkhususnya yang ada di wilayah pesisir teluk ratai. Pesawaran, Kamis (02/11/2023).

Hal ini disampaikan O.M Hakim Kurniawan, SE (Wawan Pernong) beserta tim Gamol Petra saat melakukan kunjungan di kediaman salahsatu tokoh adat lampung pesisir teluk ratai Suntan Bandakh Marga Balak (Bonizar) di lamban mountokh agung desa Tambangan kecamatan Padang cermin, Pesawaran Lampung pada Rabu (1/11) lalu.

Menurutnya, pentingnya pelestarian adat budaya memiliki potensi ekowisata yang menjanjikan. Ekowisata budaya juga bisa menjadi solusi saat sektor lain menurun.

"Tinggal keseriusan pemerintah dalam membantu masyarakat, khususnya masyarakat adat dalam melastarikan adat budaya sekaligus mengembangkan ekowisata guna terciptanya desa wisata adat," ujarnya.

Untuk itu kami berharap, terkait pelestarian desa adat yang ada diwilayah pesisir teluk ratai agar segera progreskan untuk penganggaran, karena itu dapat memberdayakan masyarakat sekaligus dalam pelestarian nilai nilai adat budaya lampung.

"Harapannya untuk dalam hal ini, Pemerintah dan pihak pihak terkait untuk bisa bersinergi dalam keseriusannya didalam melestarikan nilai adat budaya, dengan segera diprogreskan dalam penganggarannya. Ini bisa memberdayakan masyarakat, melalui desa wisata. Ungkapnya. (Azir)
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال