Pembangunan Jalan Lingkungan Desa Kebontelukdalam dari DD Tahun 2023, Patut Menjadi Sorotan Publik

Pembangunan Jalan Lingkungan Desa Kebontelukdalam dari DD Tahun 2023, Patut Menjadi Sorotan Publik


Gresik,kasuaritv.com- Pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan lingkungan Koddhuk Alas di Dusun Kepongan Desa Kebuntelukdalam, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur mulai menuai banyak protes dari warga setempat. Pasalnya, selain pembangunannya yang sangat lambat sampai dikerjakan berbulan-bulan, tidak satupun warga yang bekerja di proyek tersebut mendapatkan upah kerja dari Kepala Desa Salaman. Mereka hanya diperintah gotong royong oleh Kepala Desa Kebontelukdalam. Warga menuding anggaran untuk gaji para pekerja di proyek jalan tersebut, diduga kuat kemungkinan akan ditilap oleh kades setempat.

Dilansir dari Berita Gresik, Ironisnya, kegiatan pembangunan jalan lingkungan yang dianggarkan dengan dana sebesar Rp 50 juta melalui anggaran Dana Desa tahun 2023 tahap awal itu ditangani langsung oleh Kepala Desa Salaman tanpa melibatkan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) desa setempat. Hal ini juga memicu memburuknya warga atas tidak adanya transparansi penggunaan anggaran kegiatan pembangunan tersebut. Padahal salah satu tugas dan fungsi TPK adalah membantu Kasi/Kaur dalam melaksanakan kegiatan pengadaan barang/jasa karena tidak dapat dilakukan sendiri oleh Kasi/Kaur

Miftah, salah satu warga setempat mengaku juga ikut terlibat bekerja pada pembangunan jalan lingkungan di kampungnya, tetapi sama seperti yang lainnya, hanya diperintah untuk gotong royong tanpa diberi upah pekerja.

“Saya juga ikut bekerja, tapi cuma gotong royong, tidak ada gaji,” ungkap Mifah saat ditemui di rumahnya, Senin (13/11/2023).

Atas temuan ini, Salaman, Kepala desa Kebontelukdalam berkali-kali ditelepon via Whatsapp tidak pernah diangkat. (JM)
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال