Pemda Provinsi PBD Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Pemerintah Kampung di Maybrat

Pemda Provinsi PBD Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Pemerintah Kampung di Maybrat


Maybrat (KASTV) - Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya gelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi aparatur pemerintah kampung di Empat distrik perwakilan kabupaten Maybrat, Kambuaya 28-30 November 2023.


Pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah kampung yang diselenggarakan oleh Dinas kependudukan dan catatan sipil dan pemberdayaan masyarakat dan Kampung,provinsi Papua Barat daya.


Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut yaitu peserta dari Distrik Ayamaru timur, Ayamaru timur selatan, Aitinyo raya dan Distrik Aitinyo Utara.


Kepala Dinas kependudukan dan catatan sipil dan pemberdayaan masyarakat dan Kampung,provinsi Papua Barat daya. Adolof Kambuaya dalam sambutanya mengatakan bahwa Kegiatan ini bertujuan memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan Pemerintahan Desa, serta pembangunan Desa pada khususnya Desa yang ada di Maybrat, agar sasaran Pembangunan lebih terarah, pengelolaan dana desa yang saat ini menjadi tanggung jawab desa akan berdampak positif terhadap pembangunan desa.


Demi terwujudnya Pembangunan Nasional yang menyeluruh dengan pengelolaannya melibatkan segenap aparatur pemerintah, baik ditingkat pusat maupun ditingkat daerah sampai ditingkat pemerintah yang paling terendah yaitu Desa, mengingat pemerintahan desa merupakan basis pemerintah Termasuk dalam struktur pemerintah di Indonesia yang sangat menentukan bagi berhasilnya Pembangunan Nasional yang menyeluruh.


Perkembangan Masyarakat Desa/ Kampung yang dinamis didukung semakin tingginya tingkat pendidikan, pengetahuan, informasi teknologi komunikasi dan keterampilan menuntut profesionalisme dari aparatur Desa/Kampung untuk meningkatkan kemampuan kapasitas dan kualitas pelayanan bagi masyarakat.


Dalam tata kelola penyelenggaran pemerintahan Desa/ Kampung menjadi tantangan bagi kepala kampung dan aparatnya untuk kini harus memahami proses serta mekanisme perencanaan pembangunan kampung sampai pada pertanggung jawabannya terutama Dana Desa yang setiap tahun mengalami kenaikan harus dikelola dengan baik transparan dan akuntabel, jujur dan tranparansi.


Pelatihan peningkatan kapasitas Pemerintahan Kampung agar  penyelenggaran tata kelola Desa/Kampung akan berhasil diwujudkan apabila pengctahuan, sikap positif dan keterampilan para penyelenggara dan pemangku kepentigan serta peningkatan terus ditingkatkan, dengan begitu diharapkan dapat memberikan dampakDesa/Kampung yang positif bagi kemajuan.

Dengan pelatihan diharapkan PemDes dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung penyelenggaraan pemerintahan Desa. Termasuk kemampuan dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi aparatur Pemerintah Desa dengan mengacu pada Dasar-dasar Hukum atau Undang-undang yang ada. Seperti bidang menejemen pemerintahan Desa, menyusun perencanaan pembangunan Desa, pengelolaan keuangan dan aset Desa. Untuk mengelola dana Desa yang efektif, efisien, akuntabel, dan transparan diperlukan pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah Kecamatan terhadap aparatur Pemerintah Desa dalam bidang pemerintahan, sehingga perangkat Desa dapat melakukan tugas dan kewajibannya dengan baik dalam melayani masyarakat


Sementara itu ,Adam Iek selaku Ketua Panitia Pelatihan peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah kampung melaporkan bahwa tujuan di laksanakan kegiatan ini adalah  Dapat memperkuat kapasitas kelembagaan Pemerintahan desa untuk memperbaiki kualitas belanja desa dan alokasi program kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintah serta pengetahuan dan keterampilan Aparatur Pemerintah Desa/ Kampung.


Dapat memahami dan mengerti mekanisme pemerintahan kampung,Struktur organisasi, Fungsi tugas pokok serta tanggung jawab dalan kelembangaan kampung untuk dapat menghasilkan Aparat kampung yang berkualitas, siap melaksanakan tugasnya dengan semangat membangun menuju terciptanya Masyarakat madani sehat dan Sejahtera secara lahir dan batin.


Materi yang di sampaikan dalam kegiatan ini meliputi: Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Perencanaan Pembangunan Desa, Penyusunan RKPDES,Pengelolaan Keuagan Desa, Administrasi Pemerintah Desa, PKK serta Posyandu.


Jumlah Peserta Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa/Kampung sebanyak 148 orang yang terdiri:Distrik Ayamaru Timur 32 Orang,Distrik Ayamaru Timur Selatan 28 Orang,Distrik Aitinyo Raya 40 Orang,Distrik Aitinyo Utara 48 Orang (Ones semunya).

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال