Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan Yunus Bortal Buka Kegiatan Pelatihan BUMDES Maybrat

Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan Yunus Bortal Buka Kegiatan Pelatihan BUMDES Maybrat

Maybrat, kasuaritv.com - Staf Ahli Bupati maybrat Bidang Hukum dan pemerintahan Yunus Bortal secara resmi membuka Pelaksanaan Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).Pembukaan Kegiatan Secara Virtual Training Penguatan BUM Desa Dalam Lembaga Ekonomi Lainya dan Program Transfortasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya, Selasa (14/11/2023).

Yunus Bortal dalam sambutanya mengatakan bahwa Peraturan dan pendapatan desa adalah sumber transperan dari pusat sehingga kita bisa kelolah kedepan sebagai pendapatan desa.

Pada saat kegiatan pelatihan mulai peserta diharapkan untuk membahas program BUM Desa dari pusat saya meminta kepada perwakilan agar memperhatikan baik-baik penyampaian dari narasumber sehingga bisa di praktekkan di kampung.

Dengan pelatihan ini  masyarakat di ajari untuk mengembangkan dan belajar untuk memutar pemberian dari kementrian Desa.

Ia berharap  kepada kepala kampung yang terpilih agar memperhatikan masyarakatnya dan bisa memberikan kesejahteraan dan memberi contoh dengan baik: ungkap Yunus Bortal.

Sementara itu melkias Homer S.Sos Kepala bidang pemberdayaan masyarakat dan kampung menambahkan " Kegiatan Training Penguatan BUM Desa Dalam lembaga Ekonomi Lainya dan Program Transfortasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) dilaksanakan secara serentak dan ikuti dari 5 Kabupaten seperti Kabupaten Raja Ampat,  Maybrat, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Halmahera Tengah yang pelaksanaan dimulai dari tanggal 14 - 17 November 2023.

 Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 60 orang utusan dari kelompok tani yang tersebar di Lima distrik  dan 17 kampung yaitu Distrik Aifat Utara,Aifat, Ayamaru tengah, Distrik Aitinyo barat dan Distrik Ayamaru selatan jaya.

Tujuan dari kegiatan merupakan Salah satu cara untuk menyukseskan pembangunan di desa dengan meningkatkan pendapatan desa. 

"Besar kecilnya pendapatan desa dipengaruhi oleh strategi yang dilakukan oleh Bumdesa dalam mengelola dan memaksimalkan aset-aset yang ada di desa.” Ungkapnya.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) adalah sebuah lembaga ekonomi yang menganut asas mandiri dengan modal usaha yang sumbernya dari masyarakat. BUMDes ini juga didirikan atas inisiatif dari masyarakat itu sendiri. BUMDes dibangun untuk mengelola potensi yang ada di desa secara kolektif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya 
(Ones semunya).
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال