Survei Laskesi di Puskesmas Ayamaru Jaya, Pj Bupati Maybrat Inginkan Kualitas Layanan Meningkat

Survei Laskesi di Puskesmas Ayamaru Jaya, Pj Bupati Maybrat Inginkan Kualitas Layanan Meningkat



Maybrat, kasuaritv.com - Opening Meeting Tim Surveyor Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (Laskesi) di Puskesmas Ayamaru jaya , Distrik Ayamaru jaya, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya dibuka Penjabat (Pj) Bupati sekda Maybrat Ferdinandus Taa, Senin (29/1/2024).


Kegiatan ini menjadi langkah penting dalam memastikan kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas Ayamaru jaya lewat akreditasi yang dilaksanakan oleh tim Survey dari Laskesi. 


Pj Sekda Maybrat Ferdinandus Taa dalam arahannya mengatakan, surveyor laskesi penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, khususnya di Puskesmas Ayamaru jaya agar setara dengan puskesmas lain di kabupaten Maybrat. 


Ferdinandus Taa meminta surveyor memberikan presentasi tentang tugas dan tanggung jawab selama survei. berharap tim survei membantu dalam mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas sehingga bisa menyandang akreditasi baik.


“Seperti rincian tentang area yang akan dievaluasi, metode yang akan digunakan, dan tujuan dari survei tersebut,” ujarnya.


Ia juga berharap tim bekerja sama dan berkomitmen dalam membantu dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Ayamaru jaya. Ini semua dalam rangka peningkatan mutu pelayanan untuk masyarakat kita terutama di bidang kesehatan jadi kita pemerintah mendukung. 


Pemerintah kabupaten Maybrat di tahun 2024 ada dua progam yang harus dilaksanakan yaitu pendidikan dan kesehatan. 


"Untuk pendidikan setengah hari sudah dilaksanakan di wilayah mare dan Aifat utara. Sedangkan dibidang kesehatan adalah peningkatan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas dan Rumah sakit , Salah satunya adalah Akreditasi puskesmas yang sedang berjalan.


"Jadi kedepan puskesmas yang ada di Maybrat akan dilakukan akreditasi semua agar mutu pelayanan itu ditata dengan baik mulai dari infrastrukturnya, SDM, Alat kesehatan dan juga tenaga Dokter;ungkap Ferdinandus Taa. 


Ia berharap kepada masyarakat di 10 kampung dan juga lintas sektor di Distrik Ayamaru jayamemberi dukungan penuh kegiatan ini selama 3 hari.Apa yang menjadi penilaian mereka nanti kita serahkan aja ke tim yang bekerja;tuturnya.


Sementara itu ketua Tim Surveyor Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (Laskesi) Siska sewabesi menuturkan bahwa kami melakukan pemotretan terhadap puskesmas Ayamaru jaya selama 3 Hari .


"Hal yang kami lakukan berikatan peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskemas, diperlukan adanya penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, yaitu melalui mekanisme akreditasi. Akreditasi Puskesmas ialah pengakuan yang diberikan oleh pemerintah terhadap standar pelayanan di Puskesmas. Akreditasi penting dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan serta keselamatan pasien.


"Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko. Tentu saja akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi," ungkapnya

 (Ones semunya).

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال