Ekstrakurikuler Pramuka Tidak Wajib, Lalu Apa Lagi Eskul Terbaru Menurut Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024? Simak !

Ekstrakurikuler Pramuka Tidak Wajib, Lalu Apa Lagi Eskul Terbaru Menurut Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024? Simak !

JAKARTA KASTV-Nadiem Makarim resmi menerbitkan Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum di jenjang PAUD, SD hingga Pendidikan Menengah.


Terbitnya Permendikbud ini didasari oleh perkembangan implementasi Kurikulum Merdeka (Kurmer) yang diklaim sukses oleh Nadiem Makarim. 


Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Nasional, Anindito Aditomo, pada Rabu 27 Maret 2024 resmi mengabarkan tentang penerbitan Permendikbudristek tersebut.


"Telah diterbitkan Peraturan Mendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang kurikulum pada PAUD, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah," kata Anindito dikutip klikpendidikan.id dari Kemendikbud pada Sabtu, 30 Maret 2024.


Dalam lampiran III Permendikbudristek Nomor 12 tahun 2024 tersebut membahas tentang jenis Ekstrakurikuler.


1. Krida

Krida memiliki pengertian             tindakan atau perbuatan. Jenis Ekstrakurikuler Krida adalah seperti Kepramukaan, Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS), Palang Merah Remaja (PMR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dan lainny

2. Karya ilmiah

Ekstrakurikuler Karya Ilmiah misalnya adalah Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian, dan lainnya;

3. Latihan olah-bakat atau latihan olah-minat

Contohnya : pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, pecinta alam, jurnalistik, teater, teknologi informasi dan komunikasi, hingga rekayasa.

4. keagamaan

Contohnya adalah pesantren kilat, ceramah keagamaan, baca tulis Al-Quran, Retret

5. bentuk kegiatan lainnya.

Sementara itu, dalam formatnya sendiri Ekstrakurikuler tersebut dapat bersifat Individual, Kelompok, Klasikal, Gabungan, dan juga Lapangan.


Dalam pelaksanaan dan pengembangannya, ekestrakurikuler tersebut salah satunya Bersifat pilihan yang sesuai dengan minat dan diikuti oleh Peserta Didik secara sukarela.

NR
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال