Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di Kabupaten Gresik

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di Kabupaten Gresik

GRESIK, JATIM [KASTV -Pgs.Kasdim 0817/Gresik Mayor Inf Siari sebagai tamu undangan menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 Kabupaten Gresik dilaksanakan di halaman Pemkab Gresik, Jl. DR. Wahidin Sudiro Husodo No. 245C Kec. Kebomas, Kab. Gresik. 

Mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045" yaitu mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju. Pada kegiatan tersebut selaku Inspektur Ir. H. Achmad Washil Miftahul Rachman, MT (Sekretaris Daerah Kab. Gresik). Sabtu (1/6/2024).

Pada kesempatan memberikan sambutan, Inspektur upacara mengatakan bahwa sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. 

"Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional yaitu Bhinneka Tunggal Ika,"katanya.

Lanjutnya, dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak seluruh masyarakat dan komponen daerah, untuk membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya. Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa kita telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

"Hal ini membuktikan bahwa kita telah menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara."tutur

Saat ditemui usai upacara, Pgs. Kasdim 0817/Gresik Mayor Inf Siari mengajak kepada seluruh masyarakat agar bisa memahami ideologi bangsa Indonesia dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat yang damai dan saling bertoleransi.

"Hari Lahir Pancasila mari kita jadikan sebagai momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa."pungkasnya.(Pen0817).

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال