Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo Menyediakan 1 Ton Beras SPHP untuk GPM

Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo Menyediakan 1 Ton Beras SPHP untuk GPM

SIDOARJO, JATIM [KASTV -Gerakan Pangan Murah /GPM dalam rangka HUT Badan Pangan Nasional/Bapanas ke 3 tahun 2024 digelar Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo. Berbagai kebutuhan pokok , sayur mayur,  pangan olahan buatan UMKM, dijual dengan harga murah, di halaman kantor dinas Pangan Pertanian  Sidoarjo, Jumat pagi, (12/7).

Terbuka untuk masyarakat umum. Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo  bekerjasama dengan Bulog, menyediakan  1 Ton Beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) dijual dalam momen itu. 

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo, Eni Rustianingsih mengatakan digelarnya GPM  dalam rangka  stabilisasi pasokan dan harga pangan. Momen tersebut sengaja dibarengkan dengan Pasar Tani yang rutin dilaksanakan tiap bukan. Selain beras SPHP, juga banyak aneka kebutuhan bahan pokok yang dapat diperoleh masyarakat. "GPM ini kita gelar berkoordinasi dengan pelaku pangan, seperti Bulog maupun IDFOOD. 1 ton beras dikemas dalam  200 pack beras SPHP, kemasan 5 kg dijual dengan harga Rp. 56 ribu,"ucapnya. 

Eni juga menjelaskan GPM ini selalu hadir disaat kebutuhan bahan pokok mengalami kenaikan. Seperti disaat menjelang hari raya ataupun tahun baru. GPM digelar untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok dipasaran. Dengan begitu masyarakat tidak terbebani untuk dapat memenuhi kebutuhan bahan pokoknya. 

"Setiap bulan dihari Jumat Minggu ke 2 kita gelar Pasar Tani. Aneka kebutuhan bahan pokok didatangkan langsung dari petani Sidoarjo, " ungkapnya.

Selain itu pelaku UMKM Sidoarjo dibidang pangan olahan juga diundangnya untuk menjual produknya. Produk Rumah Potong Hewan/RPH Sidoarjo berupa daging olahan dan susu olahan juga ditampungnya di Pasar Tani. 

Pasar Tani bertujuan untuk memfasilitasi para petani yang ingin menjual hasil budidayanya. selain itu juga untuk memberikan kesempatan para pelaku UMKM Sidoarjo yang memproduksi makanan olahan untuk dapat menjualnya pasar tani.Lebih lanjut Eni menjelaskan,  Pasar Tani sudah berjalan tiga tahun,  dapat mengangkat perekonomian para petani dan pelaku UMKM di Sidoarjo. Oleh karenanya sekitar 40 pelaku usaha dihadirkannya untuk berjualan di Pasar Tani. 

Animo masyarakat untuk datang ke Pasar Tani sangat baik. Sejak dibuka Pukul 06.00 WIB, kebutuhan bahan pokok yang dijual di Pasar Tani habis sebelum Pukul 11.00 WIB. Selain itu,  Dinas Pengan dan Pertanian telah membuka Toko Tani Indonesia Center/TTIC.

Tempat tokonya, persis di sebelah Timur kantor Dinas Pangan . Setiap hari Senin sampai Jumat toko tersebut  sesuai jam kantor. Namun dibuka saat jam kantor saja. TTIC menjual aneka kebutuhan bahan pokok. Harganya pun juga lebih rendah dari harga pasaran.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال