GEMAR PAPEDA….MAKAN PAPEDA….DAN LENGKET SEPERTI PAPEDA

GEMAR PAPEDA….MAKAN PAPEDA….DAN LENGKET SEPERTI PAPEDA

RAJA AMPAT (KASTV) - Keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Raja Ampat mengisi kemerdekaan RI ke-79 dengan melakukan beberapa rangkaian kegiatan. 


Kegiatan ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Raja Ampat,  Munir Tahir, dalam apel bersama di halaman kantor, Rabu, 14 Agustus 2024.

Dalam arahan, Kakankemenag Raja Ampat, mengajak seluruh ASN melakukan tindakan nyata di tengah masyarakat dengan kegiatan “Gemar Papeda”. 


“Mari, bersama membangun kota Waisai tercinta dengan membeli produk lokal Mama-Mama Papua,”ucap Munir Tahir.


Dengan semangat, seluruh pegawai bergerak menuju pasar tradisional Waisai untuk berbelanja produk lokal mama-mama Papua. Program yang diprakarsai oleh Kakanwil Kementerian Agama Papua Barat ini disebut dengan nama Gemar Papeda (Gerakan Masyarakat Papua Penuh Damai). 

Pantauan media ini, seluruh pegawai membeli bahan makanan sesuai dengan pembagian yang ditetapkan oleh Panitia pelaksana: Sekjen (Ikan), Pendis (Makanan kebun dan beras), Urak dan PAK (Sayur-sayuran), Bimas Islam (Buah-buahan), dan Katolik (Air). 


Tidak seperti biasanya, seluruh bahan makanan yang dibelanjakan, dikumpulkan di kantor dan diolah untuk dinikmati bersama sebagai santap siang dalam nuansa kekeluargaan. 
Papeda dan ikan kuah menjadi makanan pembuka. “sungguh nikmat rasanya,” demikianlah ungkapan hati dari Mami Ruth, salah satu pegawai senior di kantor. 


Setelah beristirahat sejenak, seluruh pegawai diarahkan lagi untuk mengikuti lomba karaoke. Beberapa mata lomba rekreatif diselenggarakan pada hari berikutnya, kamis, 15 Agustus 2024. 


Kegiatan rekreatif yang dilombakan, antara lain: menghias ruangan, lari karung putra/I, makan kerupuk putra/putri, goyang balon putra/I, dan lari kelereng untuk anak-anak. 
Seluruh kegiatan ini dilaksanakan dalam nuansa keakraban dan suka-cita. Canda-tawa dan keceriahan menghiasi wajah setiap pegawai. 


“Mari berlomba, bukan untuk mengejar hadiah, tetapi mengejar dan memupuk nilai persatuan, demikianlah harapan Ketua Panitia, Samuel Helyanan dan Koordinator lomba, Supriyanto dan Koordinator umum, Kasubag Tata Usaha, Alex Setitit.  
Ada rasa saling memiliki sebagai keluarga di dalam kantor. Dengan bersatu, kita bisa maju bersama. Dengan bersatu, kita dapat melanjutkan perjuangan leluhur kita dalam mengisi kemerdekaan. 


Semoga kebersamaan ini menjadi lengket seperti padeda, bergandengan tangan, maju bersama dalam membangun bangsa Indonesia. GEMAR PAPEDA, MAKAN PAPEDA DAN LENGKET SEPERTI PAPEDA.  (Rinto, Ren)
  
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال