MAN Sidoarjo Menoreh Prestasi, 373 Anak Didiknya Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

MAN Sidoarjo Menoreh Prestasi, 373 Anak Didiknya Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

Sidoarjo, Jatim [KASTV - Rabu, 28/8/2024 Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo patut berbangga, mengingat kerja keras, kegigihan dan keseriusan dalam mendidik anak muridnya dalam mengikuti proses belajar mengajar dengan serius, berbuah manis. Hal ini dibuktikan dengan anak didiknya yang lulus dengan nilai yang luar biasa dan bahkan bisa menorehkan prestasi yang membanggakan, karena 373 siswanya diterima di berbagai perguruan tinggi dalam negeri (PTN) bahkan perguruan tinggi luar negeri lewat jalur Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Dengan rincian melalui BIM ke luar negeri ada 2 siswa yakni ke Wageningen University Belanda dan Universiti Malaya Malaysia masing-masing 1 siswa, golden tiket 2 siswa, lewat jalur prestasi 2 siswa, melalui seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 76 siswa, melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sebanyak 150 siswa, melalui Jalur Penelusuran Minat Dan Prestasi (PMDP) ada 12 siswa, lewat jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) ada 16 siswa, lewat Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) ada 9 siswa, melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Bersama (SIMAMA) ada 5 siswa dan lewat jalur SPMB mandiri 99 siswa.

Berbagai PTN menjadi tujuan para siswa MAN Sidoarjo, dengan mayoritas diterima di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) yang menyambut 118 siswa, disusul oleh UPN Jatim dengan 46 siswa, UIN Surabaya 43 siswa, Unair Surabaya 35 siswa, Universitas Brawijaya (UB) dengan 25 siswa, ITS 18 siswa, Universitas Negeri Malang 17 siswa, Poltekkes Surabaya 15 siswa, Universitas Negeri Jember 14 siswa, UIN Malang 7 siswa, Politeknik Negeri Malang 3 siswa, Poltekkes Malang 3 siswa, PPNS Surabaya 3 siswa, UGM Yogyakarta 3 siswa, UNDIP 3 siswa, ITB Bandung, 2 siswa, Polinema 2 siswa, Universitas Negeri Yogyakarta 2 siswa, IPB, ISI Surakarta, PENS Surabaya, Pertamina Cepu, Politeknik Ketenagakerjaan, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Semarang, UIN Jember, UIN Surakarta, UIN Tulungagung, Universitas Pertamina masing-masing 1 siswa. Keberhasilan ini dapat diraih dengan baik tentu karena usaha dan kerjasama yang baik antara siswa, guru, wali kelas, dan BK dalam memetakan jurusan dan universitas yang cocok, didukung dengan takdir dan doa dari orang tua siswa-siswi. Pada tahap seleksi, terlihat bahwa siswa-siswa yang diterima didominasi oleh kelas XII IPA 1 dan XII IPS 1. Selain itu, dalam penentuan jurusan, Psikologi dan Hukum menjadi pilihan favorit dengan masing-masing 16 siswa berhasil diterima di kedua jurusan tersebut.

Selaku Kepala Madrasah Drs. Abd. Jalil, M.Pd.I, mengatakan bahwa ini murni adalah hasil kerja keras dan pastinya peran serta semua guru yang ada di madrasah ini, agar bisa menelurkan generasi penerus yang mumpuni, Berprestasi dan siap bersaing.

“Alhamdulillah, pertama, sebagai Kepala MAN, saya merasa sangat senang dan bangga atas prestasi yang diraih. Kedua, kami berharap semua siswa yang sudah diterima harus melakukan daftar ulang sesuai pilihan mereka masing -masing, Ketiga, untuk yang belum diterima di jalur PTN ini agar tetap berjuang dan belajar lebih keras meski kuliah di PTS, Insya Allah dengan usaha yang keras, anak-anak akan bisa meraih apa yang mereka cita -citakan”, Pungkasnya.Dilain pihak Ahmad Rofiqil Huda, S.Ag., M.Pd. selaku wakil kepala bagian kehumasan, Mengatakan bahwa 83% jumlah siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri ini menjadi bukti kerja keras semua pihak di MAN Sidoarjo. Guru, pegawai, siswa, dan wali murid bersinergi untuk mencapai hasil tersebut. Semoga hasil yang dicapai ini dapat memuaskan semua pihak terutama wali murid yang menitipkan pendidikan anaknya di MAN Sidoarjo.

Keberhasilan ini bukan hanya menjadi kebanggaan bagi MAN Sidoarjo, tetapi juga menjadi motivasi bagi para siswa untuk terus mengukir prestasi di masa depan. Semoga ilmu dan pengalaman yang diperoleh di perguruan tinggi nantinya dapat menjadi landasan kokoh dalam menghadapi berbagai tantangan yang kompleks di masa mendatang. 


Redaksi

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال