Direktur Political and Public Policy Studies (P3S): Keputusan Ekspor Pasir Melanggar Undang- Undang

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S): Keputusan Ekspor Pasir Melanggar Undang- Undang



JAKARTA - Jerry Massie, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) mengritik keputusan ekspor pasir yang diputuskan Jokowi. Selain merugikan lingkungan, tetapi juga melanggar konstitusi dan bisa memperkecil wilayah Indonesia.

 

Jerry bahkan menduga kebijakan ini bisa terkait dengan upaya pertukaran kepentingan antara pasir dan investasi Singapura di proyek Ibu Kota Negara (IKN).

 

Ia juga membandingkan kebijakan Indonesia dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Kamboja yang sudah menghentikan ekspor pasir ke Singapura.

 

“Kebijakan ekspor pasir ini seharusnya tidak dilanjutkan karena sudah dilarang sejak dua dekade lalu dan justru akan merusak lingkungan serta sektor pariwisata Indonesia yang bergantung pada pantai-pantai berpasir,” tegasnya.

 

Jerry juga menyebut bahwa Jokowi harus bertanggung jawab atas kebijakan ini, yang menurutnya adalah bentuk kejahatan terhadap demokrasi dan lingkungan.

 

Ia menegaskan bahwa tindakan tersebut bertentangan dengan semangat cinta tanah air dan menyarankan agar potensi SDM Indonesia dioptimalkan dengan memberikan kesempatan bekerja di perusahaan-perusahaan global, alih-alih mengekspor sumber daya alam seperti pasir.

 

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال