Kaesang Hilang, KPK Hanya Mau Undang

Kaesang Hilang, KPK Hanya Mau Undang

Foto sumber: kompas.com/ Muchammad Dafi Yusuf


JAKARTA -  Keberadaan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), menjadi tanda tanya setelah muncul dugaan gratifikasi berupa fasilitas jet pribadi. 

Dugaan ini mencuat ketika istrinya, Erina Gudono, membagikan foto yang diduga diambil dari dalam jet pribadi di media sosial. Selain itu, video yang menunjukkan Kaesang dan Erina turun dari pesawat Gulfstream dengan nomor registrasi N588SE juga beredar luas.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan bahwa mereka berencana memanggil Kaesang untuk dimintai klarifikasi terkait dugaan tersebut, meskipun Kaesang bukanlah penyelenggara negara.

 Namun, keberadaannya saat ini tidak diketahui. Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, menyatakan bahwa surat undangan klarifikasi sedang disiapkan, namun KPK belum mengetahui posisi Kaesang saat ini.

Klarifikasi ini dianggap penting oleh KPK karena Kaesang memiliki keterkaitan dengan keluarga penyelenggara negara, yaitu Presiden Joko Widodo, kakaknya Gibran Rakabuming Raka yang merupakan Wakil Presiden terpilih, dan kakak iparnya, Bobby Nasution, Wali Kota Medan.

Sementara itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga tidak mengetahui keberadaan Kaesang. Grace Natalie, Wakil Dewan Pembina PSI yang juga Staf Khusus Presiden Jokowi, mengaku tidak tahu di mana Kaesang berada saat ini. 

"Tidak tahu," katanya, dilansir media kompas, Selasa (3/9)

Beberapa petinggi PSI lainnya, seperti Wakil Ketua Umum PSI Andy Budiman, Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni, dan Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka, juga belum memberikan informasi lebih lanjut terkait keberadaan Kaesang.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال