Personil Koramil 09/Sirombu Nias Barat Lanjutkan Kegiatan Optimalisasi Lahan

Personil Koramil 09/Sirombu Nias Barat Lanjutkan Kegiatan Optimalisasi Lahan

NIAS BARAT (KASTV) - Untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Personil Babinsa Koramil 09/Sirombu, yang di pimpin langsung oleh Plt Danramil 09/Sirombu Peltu Beriman Jaya Laoli melanjutkan kegiatan Optimalisasi Lahan di desa Fadoro kecamatan sirombu kabupaten Nias barat, Kamis (12/09/2024). 

Kegiatan ini diantaranya membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat, hal tersebut diwujudkan dengan dilaksanakanya Kerjasama bersinergi melalui Nota Kesepahaman Kementrian Pertanian dengan TNI AD yang akan menyukseskan program pertanian dalam bidang Optimalisasi Lahan (Oplah).

Optimalisasi lahan pertanian merupakan usaha meningkatkan pemanfaatan sumber daya lahan pertanian menjadi lahan usahatani tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan melalui upaya perbaikan dan peningkatan daya dukung lahan, sehingga dapat menjadi lahan usahatani yang lebih produktif.

Ditemui dilapangan Plt Danramil 09/Sirombu memberikan keterangan bahwa kegiatan Olpah merupakan salah satu wujud penjabaran pelaksanaan nota kesepakatan antara Kementrian Pertanian dengan TNI AD dalam rangka meningkatkan pemanfaatan sumber daya lahan yang sementara tidak diusahakan atau IP rendah.

Lebih lanjut dikatakan, melalui program Oplah yang bertujuan selain pemanfaatkan sumber daya lahan juga sebagai upaya dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional serta percepatan antisipasi darurat pangan nasional. Kegiatan Oplah di Desa Fadoro tersebut mencakup pembuatan Lining 50,82 Meter dan Normalisasi saluran sepanjang 81,99 Meter.

(Reporter : Melinus Hia)
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال