PGPI Sebut Tri Adhianto 'Bapak Toleran' Siap Dukung Menuju Kepemimpinan Kota Bekasi

PGPI Sebut Tri Adhianto 'Bapak Toleran' Siap Dukung Menuju Kepemimpinan Kota Bekasi

Bekasi (KASTV) - Calon Walikota Bekasi Tri Adhianto memiliki hubungan yang baik dengan tokoh dan kelompok pemuka agama di Kota Bekasi. Salah satunya dengan umat Kristiani. Hal itu terlihat saat Tri berbincang dengan Ketua umum Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGPI) dan jajarannya di Kantor pusat PGPI, Jalan Kelapa Hybrida Timur nomor 10, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (3/10). Dalam pertemuan tersebut hadir juga Ketua dan Sekretaris PGPI Provinsi Jawa Barat.

Dalam acara itu Tri menceritakan kedekatannya dengan umat Kristiani saat menjadi PLT Walikota Bekasi. Calon Walikota nomor urut 3 ini mengungkapkan bahwa dirinya beberapa kali bertemu dengan pihak umat Kristiani untuk membicarakan tentang Kota Bekasi.

"Lima tahun di Kota Bekasi mulai dari Wakil Walikota, PLT Walikota dan sebagai Walikota definitif kemarin adalah lima tahun yang teduh, damai dan tenang itu karena kerja-kerja bersama yang luar biasa. Bukan kerja satu orang. Karena ada pihak-pihak yang berperan di belakangnya. Pemerintah Kota Bekasi bekerjasama dengan berbagai macam stakeholder, tokoh agama, tokoh budaya, tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat. Dan hasilnya Kota Bekasi berhasil meraih penghargaan kota toleran nomor 2 se-Indonesia," Ujar Tri.

Menurut Tri, selama bertugas di Kota Bekasi prinsip yang dipegang adalah keadilan dan kesetaraan. Semua fasilitas dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Bekasi kala itu setara untuk semua. Mulai dari pemberian izin untuk rumah ibadah bahkan pemerintah Kota Bekasi menggelar acara Natal di Stadion Patriot Candrabhaga.

"Kedepan kita juga akan berikan bantuan kepada tempat ibadah semua agama. Begitu juga untuk pekerja-pekerja di rumah-rumah ibadah. Makanya kami sampaikan terima kasih karena PGPI sampai saat ini terlibat untuk memastikan Kota Bekasi tetap kondusif," jelas Tri.

Tak cukup sampai di situ, lanjut Tri Pemerintah Kota Bekasi yang dipimpinnya kala itu juga memberikan ruang yang setara bagi semua agama untuk merayakan hari besar mereka. Sebab, Tri berprinsip bahwa persatuan yang sesungguhnya adalah persatuan yang ditopang oleh rasa keadilan dan perlindungan untuk semua.

"Nah, ini juga semangat yang akan kami bawa ke tingkat nasional supaya kerukunan, kedamaian itu ditopang dengan rasa keadilan. Negara harus hadir melindungi semua masyarakat," tegas Tri.

Ketua Umum PGPI Jason Balompapueng memuji kepemimpinan Tri Adhianto selama menjabat sebagai Walikota Bekasi.

Pada kesempatan itu, Jason mengatakan Tri mampu menyejukkan kerukunan antar umat hingga Kota Bekasi mendapat penghargaan Kota toleran.

"Saya seorang tokoh agama dan tentu saya melihat dari sisi kerukunan antar umat beragama dan keberagaman. Dan Kota Bekasi pernah mendapatkan penghargaan Kota toleran," kata Jason.

"Ini membuktikan selama kepemimpinan beliau, Kota Bekasi aman, damai, dan berkeadilan. Beliau pemimpin yang toleran," sambung dia.

Tidak sampai di situ saja, Jason juga mengatakan dirinya merasakan keharmonisan antar agama yang diciptakan oleh Tri.

"Dan otomatis indeks kerukunan itu demikian baik untuk Kota Bekasi. Dan ini sudah dirasakan umat Kristiani di Kota Bekasi," pungkasnya.      (IBC-&tim)
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال