PORSENI MA Kabupaten Lumajang 2024 Optimalisasi Potensi Menuju Prestasi

PORSENI MA Kabupaten Lumajang 2024 Optimalisasi Potensi Menuju Prestasi




Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Madrasah Aliyah (MA) tingkat Kabupaten Lumajang dilaksanakan pada Sabtu (5/10/2024). Acara ini resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang, Dr. H. Muhammad Muslim, S.Ag., M.Sy., yang menyampaikan harapannya, “Saya berharap potensi para peserta Porseni MA Kabupaten Lumajang mampu membawa pulang gelar juara umum di tingkat Provinsi Jawa Timur pada tahun 2025.”

Ketua Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) Kabupaten Lumajang, Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag., M.Pd., dalam laporannya menyampaikan bahwa tahun ini jumlah peserta mengalami peningkatan signifikan, dengan 1.045 peserta dari 86 lembaga MA yang berpartisipasi. Peserta akan berlaga di 7 cabang olahraga dan 9 cabang seni. Tema yang diusung adalah Nusantara Baru, Indonesia Maju dengan slogan, “Saya Datang, Saya Tanding, Saya Menang” Tema ini mencerminkan optimalisasi potensi olahraga dan seni guna meningkatkan semangat berkompetisi dalam mewujudkan madrasah yang maju, bermutu, dan mendunia.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lumajang kembali menggelar Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) tahun 2024. Acara tahunan ini diselenggarakan dengan tujuan menggali potensi bakat siswa di bidang olahraga dan seni, serta mempererat rasa persaudaraan antar siswa dan sekolah.


PORSENI yang berlangsung selama satu minggu, mulai dari 3 hingga 10 Oktober 2024, diikuti oleh seluruh siswa dari berbagai kelas. Cabang olahraga yang dilombakan meliputi futsal, bulu tangkis, catur, dan atletik, sedangkan cabang seni meliputi lomba tari tradisional, seni musik, dan puisi. Setiap kelas mengirimkan perwakilannya untuk berkompetisi dalam berbagai kategori ini.


Kepala MAN Lumajang, Edi Nanang Sofyan Hadi S Ag M Pd, menyampaikan saat dikonfirmasi awak media, bahwa PORSENI bukan hanya ajang untuk menunjukkan prestasi, tetapi juga sarana untuk membentuk karakter siswa yang sportif dan kompetitif.

“Melalui PORSENI ini, kita harapkan siswa tidak hanya berprestasi secara akademik, tetapi juga mampu menunjukkan bakat di bidang olahraga dan seni, serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas”, ujar Edi.


Selain kompetisi, PORSENI tahun ini juga diramaikan dengan bazar yang diisi oleh berbagai stand makanan dan minuman hasil kreasi siswa, serta pertunjukan seni yang menampilkan kreativitas siswa MAN Lumajang.

Acara penutupan PORSENI dijadwalkan akan berlangsung pada 10 Oktober 2024, dengan pengumuman pemenang dan penyerahan trofi serta hadiah bagi para juara di masing-masing kategori lomba.

Dengan diadakannya PORSENI ini, MAN Lumajang berharap dapat terus mendorong siswa untuk berkembang tidak hanya di bidang akademik, tetapi juga non-akademik, demi menghasilkan generasi muda yang berprestasi dan berkarakter.

(Jurnalis : Diana)


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال